mail@polbangtan-bogor.ac.id
(0251) 8386312

Kementan Aktif Gencarkan Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian

BOGOR – https://polbangtan-bogor.ac.id | Kementerian Pertanian terus memfasilitasi generasi muda agar dapat terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian. Salah satunya dengan adanya PWMP (Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian) untuk siswa dan mahasiswa. Terbaru kini diluncurkan PWMP yang dilakukan Program YESS PPIU Jawa Barat Tahun 2023, Program PWMP menyasar pada mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor semester 2 dan semester 4 .

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), meyakini kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

Menurutnya, pendidikan vokasi punya peran penting hasilkan petani milenial yang berjiwa entrepeneur. “Melalui pendidikan vokasi kita menghubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal yang baru,” ujar Syahrul.

Sementara itu, Dedi Nursyamsi selaku Kepala BPPSDM Pertanian mengharapkan generasi muda khususnya mahasiswa Polbangtan di seluruh indonesia dapat mengembangkan peluang yang ada.

“PWMP ini diharapkan mampu mendorong generasi muda pertanian menjadi job creator di bidang pertanian” ujar Dedi.

YESS PPIU Jawa Barat melakukan Bimtek bagi calon Pembimbing PWMP 2023 yang dilaksanakan di Hotel Horison Buvana pada hari Senin (22/5). Program ini juga dilaksanakan secara serentak di PPIU seluruh Indonesia, diantaranta di Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. Pada tahun 2023 ini alokasi penerima PWMP sebanyak 25 orang yang dilakukan secara individu

Salah satu program andalan Kementan yang dilaksanakan adalah Program YESS yang bertujuan untuk regenerasi petani. Salah satunya melalui kegiatan Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP). Program yang sudah berjalan sejak tahun 2020 ini sudah melahirkan ratusan wirausaha muda pertanian.

Peran generasi muda sangat penting dalam sektor pertanian. Pertanian harus didorong menjadi subsektor ekonomi yang maju, mandiri dan modern yang didukung oleh kapasitas SDM pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDID